Rangkuman Berita Otomotif Terbaru Hari Ini

Kamu mungkin sering mendengar dengan istilah otomotif? Lantas apa itu otomotif?

Otomotif bisa diartikan yang berhubungan dengan sesuatu yang berputar dengan sendirinya (seperti motor, mobil dan sebagainya).

Berbicara soal otomotif, kali ini akan memberikan rangkuman berita otomotif terbaru hari ini sebagai berikut:

  1. Isuzu Kuasai Pangsa Pasar Kendaraan Komersial Sepanjang 2023

 

Pangsa pasar kendaraan komersial dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) disebut mencapai 27,7% sepanjang 2023.

 

Yusak Kristian Sulaeman, selaku President Director PT IAMI mengatakan perusahaan berhasil mengoptimalkan sumber daya yang ada sambil memanfaatkan peluang usaha tersedia sepanjang 2023.

 

“Pangsa pasar Isuzu di segmen kendaraan niaga bisa meningkat sebesar 1,3% di tengah penurunan pasar yang terjadi,” tuturnya dikutip Jumat (26/1/2024).

 

Penjualan retail dari Isuzu tercatat mencapai 27,7% dari total pasar kendaraan niaga Indonesia, atau detailnya 30.085 unit. Model Elf menjadi yang paling laris dengan penjualan 14.000 unit, dan Traga 11.000 unit.

 

“Kami bersyukur bisa melewati tahun 2023 dan menorehkan pencapaian yang sangat baik dengan memegang teguh prinsip Cautious Optimism.” tambahnya.

 

  1. Gara-gara Mobil China, Terungkap Fitur yang Dibilang Mewah Ternyata Nggak Mahal

 

Mobil buatan China masih sering dipandang sebelah mata. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab mobil buatan China punya histori buruk yang membekas di benak masyarakat Indonesia. Akan tetapi, semakin kesini paradigma itu nampaknya mulai berubah. Mobil buatan China pun semakin berani bertandang ke Tanah Air.

 

Untuk memikat para konsumen di Indonesia, merek China membekali mobilnya dengan beragam fitur canggih, salah satunya adalah yang berbasis radar. Dengan adanya fitur tersebut bisa membantu pengendara menjaga keamanan dan keselamatan selama perjalanan. Padahal fitur ini termasuk mewah yang hanya disematkan pada mobil premium saja.

 

“Makanya waktu seperti saya cerita waktu Wuling masuk ke Negara kita saya juga kaget-kaget bahwa fitur yang selama ini adanya di kendaraan mewah ternyata tidak mahal. Ternyata diaplikasikan di kendaraan medium low,” ungkap Bebin Djuana sebagai pengamat otomotif.

 

Bisa dibilang Wuling merupakan merek China pertama yang menghadirkan fitur berbasis radar itu di Tanah Air. Fitur radar tersebut dinamakan ADAS (Advance Driving Assistance System).

 

“Sekarang anda lihat ketika kendaraan China mampu memberikan ini dan itu, fitur-fitur kendaraan Jepang mulai naik kan. Coba kalau itu, kalau Wuling nggak masuk sampai sekarang produk Jepang nggak pasang apa-apa disini, di luar dia pasang,” tutur Bebin.

 

  1. Penjualan Mobil Suzuki 2023 Capai 82 Ribu, Model Ini Cukup Mendominasi

 

Berdasarkan dari data penjualan retail periode Januari-Desember 2023, Suzuki berhasil meraup angka sebesar 82.244 unit.

 

30% dari total penjualan yang diraih Suzuki berasal dari model mobil penumpang rendah emisi.

 

“36 persen dari total penjualan retail di kategori passenger car kami adalah model hybrid, model yang lebih rendah emisi,” ujar Zulfikar Rafi Al Ghany selaku Head of Public Relations and Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta baru-baru ini.

 

Secara rincinya dari penjualan mobil hybrid yang Suzuki miliki, seperti Suzuki XL 7 hybrid sebesar 47%, dan Ertiga hybrid sebesar 43%.

 

Hal ini didukung pula oleh Randy R. Murdoka, Assisten to Dept. Head 4W Sales SIS yang mengatakan penjualan mobil Suzuki Hybrid meningkat pesat pada tahun 2023 ketimbang tahun sebelumnya.

 

“Kami merasa animo dan penerimaan dari konsumen kami untuk mobil hybrid jadi jauh lebih lancar saat kami punya Grand Vitara hybrid. Semakin kesini jualan mobil hybrid jadi makin asyik bagi kami.” kata Randy.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *